Liputan Acara “Laptop Si Unyil” Trans7
Liputan Acara “Laptop Si Unyil” Trans7


Program acara Laptop Si Unyil (PT Duta Visual Nusantara Tivi Tujuh) selama 1 hari meliput mengenai tanaman obat yang ada di UPT Laboratorium Herbal Materia Medica Batu. Peliputan ini dilakukan pada 29 Juni 2021 lalu, setelah sebelumnya mengajukan surat pemohonan peliputan dan sudah disetujui oleh Kepala UPT LH MMB.

Pra crew acara Laptop Si Unyil ini membawa serta wayang Si Unyil beserta teman-temannya. Peliputan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Mereka mulai melakukan peliputan mulai dari lahan budidaya tanaman obat.

Terdapat sekitar 1000 koleksi tanaman obat tersedia di UPT LH MMB. Namun untuk peliputan kali ini, para crew lebih fokus ke satu tanaman obat, yaitu lengkuas merah atau masyarakat lebih familar dengan sebutan “laos merah”.

Alasan mereka meliput mengenai lengkuas merah adalah karena pada masa pandemi ini, masyarakat sudah mulai banyak yang mencari tanaman ini untuk memelihara kesehatan dengan prinsip back to nature atau kembali ke alam, yaitu dengan memanfaatkan bahan-bahan dari alam, salah satunya yaitu lengkuas merah ini.

Dari lahan budidaya, kemudian peliputan dilanjutkan dengan cara pemanenan lengkuas merah. Tak lupa juga mereka meliput cara identifikasi tanaman obat lengkuas merah serta membandingkan tanaman tersebut dengan tanaman obat lain.