CITRUS VERSUS VIRUS
CITRUS VERSUS VIRUS

Ditulis oleh: Sabrina Aprilisa Martha, S.KM., M.Sc.

Segelas perasan lemon (Citrus limon) ditambah 2-3 sendok madu adalah senjata ampuh melawah letih. Anda dapat minum perasan buah lemon ditambah madu terutama ketika lelah dan nyeri tekuk. Anda juga dapat memanfaatkan lemon untuk kebugaran dengan membuat air infusan lemon atau infused water.

Infusan lemon dibuat dengan cara memasukkan irisan lemon pada tempat minum dan mendiamkannya selama minimal 30 menit. Kemudian meminum air infusan itu sebagai pengganti air putih. Anda dapat meminum air infusan secara rutin, terlebih pada masa mewabahnya virus covid-19 seperti sekarang ini.

DAYA TAHAN

Satu irisan lemon cukup untuk 1 liter air, dapat Anda isi ulang sebanyak 5-6 kali. Rasa paling segar adalah 30-60 menit pertama setelah memasukkan irisan lemon pada tempat minum. Membiarkan hingga 6-10 jam membuat air menjadi terlalu pekat. Jika terlalu pekat, Anda dapat menambahkan air kembali. Manfaat yang dapat Anda rasakan ketika minum infusan tersebut secara rutin adalah daya tahan tubuh akan meningkat. Testimoni dari salah seorang yang sudah rutin mengonsumsi infusan lemon yaitu cenderung tidak mudah sakit dan lebih bugar dibandingkan sebelum mengonsumsi infusa lemon beliau relatif mudah terpapar influenza.

Hasil penelitian membuktikan makin tinggi suhu air dan makin lama perendaman aktivitas antioksidan akan makin naik hingga mencapai titik konstan. Perlakukan terbaik untuk mendapatkan kandungan vitamin C dan aktivitas antioksidan optimum yaitu perendaman 1 jam pada suhu ruang atau perendaman 4 jam pada suhu almari pendingin.

Kadar vitamin C mencapai 2,93—3,23% dan aktivitas antioksidan 36,37—39,78% per 200 ml air infusan lemon. Hasil penelitian juga membuktikan bahwa senyawa yang berpotensi untuk meningkatkan imunitas tubuh antara lain buah keluarga Rutaceae atau famili jeruk-jerukan. Senyawa tersebut adalah hesperidin. Senyawa golongan flavonoid itu dapat memberikan perlindungan terhadap mikroba dan virus sehingga berpotensi meningkatkan sistem imun atau daya tahan tubuh. Hesperidin terkandung pada semua jenis jeruk, antara lain: jeruk meja, jeruk nipis, dan lemon. 

KULIT JERUK

Selama ini jika kita mengonsumsi jeruk, kita selalu membuang kulitnya. Padahal, berdasarkan hasil penelitian, sebaiknya kita mengonsumsi jeruk beserta kulitnya. Kulit buah lemon dapat dimanfaatkan sebagai herba peningkat daya tahan tubuh. Cita rasa memang agak pahit, namun rasa pahit pada kulit jeruk indikator kandungan senyawa aktif hesperidin. Cara mengonsumsinya bisa dengan membuat jus dengan menambahkan kulitnya atau membuat air infusan beserta kulitnya. Namun jangan lupa untuk mencuci bersih kulit buah jeruk sebelum mengonsumsinya. 

Cara lain memanfaatkan kulit jeruk lemon adalah dengan menjemur kulit buah lemon hingga kering kemudian menyeduhnya seperti teh, boleh ditambahkan madu atau gula batu agar lebih sedap. Kulit dan perasan buahnya terbukti sahih meningkatkan imun atau daya tahan tubuh di tengah wabah virus korona.

Jeruk lemon juga dapat mengatasi ragam penyakit seperti batuk berdahak, radang tenggorokan, migrain, dan beragam penyakit yang menyerang pernafasan, baik di tenggorokan atau paru-paru. Perasan lemon dapat ditambah madu agar khasiat lebih optimal dan rasa lebih enak.

JERUK NIPIS

Selain jeruk lemon, kita juga dapat memanfaatkan jeruk nipis. Meski tidak sepopuler kerabatnya, jeruk nipis menjadi salah satu jenis jeruk yang cukup banyak memiliki peminat di Indonesia. Biasanya, jeruk nipis paling sering dijadikan sebagai campuran teh agar bisa menciptakan cita rasa yang manis dan sedikit asam dalam minuman tersebut. 

Namun, tahukah Anda bahwa jeruk nipis tidak hanya berguna untuk memberikan rasa asam pada minuman? Jeruk nipis mengandung vitamin C dan antioksidan yang dapat memperkuat sistem imun dan membantu tubuh untuk melawan penyakit seperti flu, pilek, dan sejenisnya. Jeruk nipis juga bermanfaat untuk meningkatkan produksi sel sehat yang membantu dalam proses pembunuhan mikroba penyebab penyakit.

Dibanding dengan jeruk lainnya, jeruk nipis memang cenderung lebih asam dan sedikit memiliki rasa manis. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C pada jeruk nipis memang lebih banyak jika disandingkan dengan jeruk pada umumnya. 

Jeruk nipis mengandung vitamin C yang tinggi, menyediakan lebih dari 20% dari kebutuhan harian akan vitamin ini. Jeruk nipis juga mengandung zat besi, kalsium, tiamin, kalium, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, serta vitamin B6. Tak hanya itu, jeruk nipis juga mengandung nutrisi penting bagi tubuh, yaitu karbohidrat, lemak, serat, protein, asam folat, kalsium, serta zat besi dan asam sitrat sebagai pemberi rasa asam. Ditambah dengan fosfor, gula, dan juga magnesium, kandungan dari jeruk nipis tidak dapat diremehkan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Jadi, manfaat jeruk nipis bukan hanya sebagai campuran untuk minuman atau semacamnya saja.  

Jeruk nipis mengandung antioksidan seperti flavonoid, limonoid, kaempferol, quercetin, dan asam askorbat yang sangat menyehatkan. Minum air jeruk nipis dapat meningkatkan kesehatan dan mengatasi kondisi tertentu seperti peradangan. Air jeruk nipis dapat dikonsumsi secara hangat maupun dingin bersama dengan es batu, tergantung suasana dan selera.

MENINGKATKAN SISTEM IMUN TUBUH

Di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19, masyarakat harus memerhatikan sistem imunitas tubuhnya. Imunitas yang lemah atau menurun tentu bisa berdampak buruk pada kesehatan. Oleh karena itu, konsumsilah asupan seperti minuman yang sudah terbukti secara klinis mampu menjaga imunitas tubuh. Mengingat, bakteri dan virus jahat akan lenyap jika sistem kekebalan tubuh kita bekerja dengan baik.

Jeruk nipis dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sudah jelas jika salah satu fungsi vitamin C adalah sebagai booster pada imunitas tubuh. Tak sedikit produk suplemen kesehatan yang meningkatkan sistem imun yang kandungan utamanya adalah vitamin C. 

Dalam satu buah jeruk nipis, terkandung 20 gram vitamin C atau sekitar 30 persen dari kebutuhan seseorang perharinya. Kandungan vitamin C nyatanya mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan daya tahan tubuh seseorang. Dengan terpenuhinya kebutuhan vitamin C, Anda akan terhindar dari penyakit termasuk penyakit akibat virus.

Nah, dengan berlimpahnya vitamin C yang terkandung dalam jeruk nipis, bahkan digadang-gadang sebagai yang paling banyak di antara jenis jeruk lainnya, kekebalan tubuh pasti akan menjadi lebih baik pasca mengonsumsinya. Tidak hanya karena vitamin C, jeruk nipis juga mengandung banyak antioksidan dari flavonoid. Dengan adanya flavonoid tersebut, tubuh akan menjadi lebih kebal dari serangan penyakit. Anda pun dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan lebih lancar karena badan senantiasa terasa bugar dan sehat.

MENGATASI PERADANGAN DAN INFEKSI

Air perasan jeruk nipis juga dapat membantu mengatasi peradangan pada tubuh. Beberapa penyakit inflamasi atau peradangan seperti radang sendi (arthritis), asam urat, dan sejenisnya, dapat memanfaatkan konsumsi air jeruk nipis untuk mengurangi gejalanya. Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis dipercaya dapat membantu meredakan berbagai jenis gejala peradangan.

Menurut sebuah penelitian dalam jurnal Annals of the Rheumatic Disease menemukan bahwa orang-orang yang kurang mengonsumsi vitamin C berpotensi terkena arthritis tiga kali lebih tinggi dibanding orang yang menjaga asupan vitamin C-nya secara maksimal. Manfaat air jeruk nipis juga diketahui dapat mengurangi kadar asam urat.

Manfaat air jeruk nipis berikutnya adalah untuk membantu mencegah terjadinya infeksi. Konsumsi air jeruk nipis dapat membantu tubuh untuk menghentikan perkembangan organisme berbahaya dan mencegah penyakit yang dibawa oleh bakteri. Kandungan vitamin C dan antioksidan di dalam jeruk nipis dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh dalam melawan infeksi.

Penelitian menunjukkan bahwa kandungan limonin yang terdapat dalam jeruk nipis dapat membantu mencegah akumulasi bakteri Streptococcus. Bakteri streptococcus ini adalah bakteri yang bertanggung jawab dalam timbulnya berbagai infeksi dan kondisi kesehatan, seperti infeksi pernafasan dan mulut.

RESEP INFUSED WATER LEMON DAN JERUK NIPIS

Dalam karya ilmiah yang diterbitkan dalam Journal of the American College of Nutrition pada 2005, dijelaskan bahwa vitamin C berbanding terbalik dengan massa tubuh. Para peneliti menunjukkan hasil bahwa asupan vitamin C yang cukup dapat membantu tubuh memicu serangkaian reaksi kimia yang memecah lemak tubuh dan begitu berguna sebagai energi.

Infused water yang dibikin dengan campuran dua buah tersebut menjadi minuman sumber vitamin C yang dapat meningkatkan sistem pertahahan tubuh, termasuk bisa mengusir pilek. Berikut ini beberapa bahan yang setidaknya diperlukan untuk membuat infused water jeruk nipis dan lemon: 

- 2 buah lemon 

- 2 buah jeruk nipis 

- 1 sendok teh maduk 

- 1 liter air putih

Setelah semua bahan disiapkan, ikuti langkah pembuatannya berikut ini: 

1. Cuci buah lemon dan jeruk nipis dengan air mengalir hingga bersih. Bila perlu, gunakan antiseptik yang khusus untuk mencuci buah dan sayur 

2. Tanpa dikupas kulitnya, iris tipis lemon dan jeruk nipis sebanyak 10 potong 

3. Tuangkan air putih ke dalam botol kaca atau botol plastik yang ada tutupnya 

4. Masukkan madu dan aduk rata 

5. Masukkan irisan lemon dan jeruk nipis ke dalam botol 

6. Tutup rapat botolnya dan letakkan di dalam lemari pendingin 

7. Setelah 1 jam di lemari es, Anda dapat meminum infused water jeruk nipis dan lemon tersebut