BAHAN ALAMI YANG BISA MEMBUAT ANAK NAFSU MAKAN
BAHAN ALAMI YANG BISA MEMBUAT ANAK NAFSU MAKAN

Ditulis oleh: Sabrina Aprilisa Martha, S.KM., M.Sc.

Ibu mana yang tidak pusing ketika si kecil sulit makan karena tidak punya nafsu makan? Ditambah berat badannya yang tak kunjung naik karena kurangnya asupan. Jika nafsu makan tak kunjung membaik, anak bisa kekurangan nutrisi yang dibutuhkannya. Kehilangan nafsu makan bisa disebabkan berbagai hal. Nafsu makan yang menurun bisa disebabkan karena gangguan pencernaan, kondisi yang sedang tidak fit, faktor pertumbuhan, dan lingkungan.

Ada beberapa cara untuk menangani masalah nafsu makan yang menurun. Salah satunya adalah dengan tanaman obat yang berasal dari alam. Tanaman obat dapat membantu merangsang nafsu makan dan mengatur sistem pencernaan. Tanaman obat tergolong aman karena tidak menimbulkan efek samping. Selain aman, solusi alami ini juga mudah didapat karena harganya relatif lebih ekonomis. Berikut beragam jenis tanaman obat penambah nafsu makan:

1. Temulawak 

Temulawak sudah terkenal dengan kandungannya yang bisa membuat anak nafsu makan. Temulawak yang punya kandungan kurkumin, zat tepung, dan minyak atsiri ini memang kerap dijadikan sebagai ramuan alami untuk penambah nafsu makan. Diketahui, kandungan minyak atsiri punya sifat korelitik yaitu mempercepat sekresi empedu sehingga mempercepat pengosongan lambung dan penyerapan lemak di usus yang kemudian akan mensekresi berbagai hormon yang yang dapat menimbulkan rasa lapar dan meregulasi peningkatan nafsu makan.

Manfaat ini sangat cocok bagi anak yang sult makan agar kebutuhan nutrisinya tetap terpenuhi. Temulawak juga dapat mengatasi perut kembung dan baik untuk orang yang mengalami peradangan usus untuk proses penyembuhan yang lebih cepat. 

Tidak heran jika banyak produk atau vitamin penambah nafsu makan untuk anak yang mengandung temulawak. Namun bisa juga jika ibu ingin membuatnya dengan alami. Caranya adalah dengan menyiapkan satu ruas jari temulawak yang sudah dicuci bersih. Setelah itu parut temulawak dan peras sarinya, kemudian campurkan madu untuk memberikan rasa manis. Ibu bisa memberikan kepada si kecil satu kali sehari.

Cara lain yaitu, cukup siapkan 2 ruas jari temulawak, 1 ruas jari, lengkuas, serta beberapa helai daun meniran. Cuci bersih semua bahan, potong kecil-kecil lalu direbus dengan 3 gelas air. Rebus campuran bahan tadi sampai air rebusannya hanya tersisa untuk ukuran 1 gelas, dinginkan sesaat. Minum dua kali dalam sehari secara teratur agar nafsu makan tidak lagi menurun.

2. Kunyit

Kunyit sangat mudah dimasukkan ke dalam makanan anak. Kunyit bisa menjadi bumbu dalam menu makanan seperti sayur, nasi kuning, atau penyedap pada masakan lainnya. Kunyit mengandung senyawa kurkumin yang juga ditemukan pada temulawak.

Senyawa kurkumin ini berperan dalam meningkatkan nafsu makan anak. Kurkumin pada kunyit juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Ramuan kunyit juga bisa bantu redakan anak yang demam, nyeri di perut, dan antiseptik untuk anak yang sariawan.

Khusus anak yang mengalami kesulitan makan, dianjurkan agar orangtua membiasakan membuat ramuan kunyit untuk anak. Tak hanya itu, herbal ini juga bisa meningkatkan enzim pencernaan. Pemberian kunyit secara teratur, bisa menghindarkan anak dari radang dan meningkatkan daya tahan tubuh. Ada dua cara untuk membuat ramuan tradisional ini.

Cara yang pertama yaitu potong rimpang kunyit sebesar 1 hingga 2 jari. Lalu parut kemudian diperas pakai kain bersih. Tambahkan sedikit garam lalu minumkan ke anak sebelum si Kecil tidur.

Untuk cara yang kedua yaitu dengan cara digeprek, kemudian rebus air 1,5 sampai 2 gelas. Tunggu sampai airnya mendidih. Masukkan geprekan kunyit tersebut ke panci kemudian ditutup. Kecilkan api kompornya dan diamkan sekitar 10 menit. Setelah itu, baru disaring. Boleh ditambah madu, tapi sebaiknya tunggu rebusan kunyit itu sampai dingin. Ramuan kunyit tersebut bisa menambah nafsu makan pada anak.

3. Lempuyang, tumbuhan merah banyak khasiat

Tanaman lempuyang atau bitter ginger ini biasa digunakan sebagai bahan campuran untuk membuat jamu. Hal Ini dikarenakan lempuyang memiliki banyak kandungan yang tentu saja bermanfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaatnya adalah sebagai vitamin penambah nafsu makan anak-anak. Walaupun rasanya sangat pahit, lempuyang terbukti ampuh membantu permasalahan nafsu makan. 

Lempuyang termasuk obat tradisional penambah nafsu makan anak umur 1 tahun sampai 3 tahun atau balita. Nah, berikut ini cara membuat obat nafsu makan anak tradisional dengan lempuyang, yaitu:

• Siapkan 1 ruas jari lempuyang hingga lembut dan tambahkan air secukupnya

• Aduk-aduk dan peras untuk ambil airnya

• Tambahkan Air asam setengah gelas yang ditambah gula merah dan garam secukupnya.

• Minumkan secara rutin sekali sehari dengan ukuran gelas kecil atau 50 ml

4. Temu hitam yang bisa dongkrak nafsu makan anak

Perasan sari dari temu hitam ini dipercaya mampu mendongkrak nafsu makan anak. selain itu juga mempunyai manfaat sebagai obat cacing alami. Temu hitam atau Curcumae aeruginosae termasuk ke dalam tumbuhan semak. Memiliki batang berwarna hijau dan memiliki panjang sampai dua meter. 

Tanaman ini menghasilkan rimpang yang berukuran besar, pahit dan tajam. Namun, di balik penampakannya justru memiliki manfaat sebagai obat cacing alami, membuang gas di dalam perut, mengeluarkan dahak, dan meningkatkan nafsu makan.

Olah temu hitam dengan merebus tiga perempat temu hitam. Rebus sampai air berkurang, dari tiga gelas menjadi 1 gelas. Kemudian dinginkan, saring air rebusan, dan campurkan dengan gula merah. Ibu bisa meminumkan kepada si kecil satu kali sehari. Jika tidak ada gula merah, madu juga bisa jadi pilihan pengganti gula.

5. Daun pepaya yang kaya fitokimia

Tak sedikit orang ragu untuk mengonsumsi daun pepaya karena rasanya yang pahit. Tapi di balik pahitnya cita rasa dari daun pepaya, tanaman ini ternyata punya segudang manfaat. Sudah sedari dulu daun pepaya kerap dijadikan ramuan untuk penambah nafsu makan, bahkan untuk anak-anak juga.

Daun dan bunga dikenal memiliki manfaat untuk kesehatan. Bunga pepaya memiliki khasiat untuk melancarkan ASI. Sedangkan daun pepaya sebagai penambah nafsu makan alami. Daun yang memiliki bentuk beruas-ruas ini ternyata memiliki banyak kandungan baik. 

Getahnya mengandung caouthouc, dammar, papain, korposit, dan payotine, sedangkan daunnya mengandung carpaine (alkaloida pahit). Cara mengolah daun pepaya adalah pertama cuci daun sampai bersih. Kemudian tumbuk sampai halus dan rebus dengan air sebanyak tiga perempat cangkir. Setelah mendidih ibu bisa mencampurkannya dengan madu dan minumkan sebanyak dua kali sehari.

Cara kedua dalam mengolahnya yaitu ambil beberapa lembar daun pepaya secukupnya. Kemudian tumbuk kasar lalu saring, dan ambil airnya. Minum air daun pepaya secara rutin supaya nafsu makan kembali normal.

Cara ketiga yaitu dengan membuat air rebusan daun pepaya dari satu helai daun pepaya, garam, dan air matang. Setelah daun pepaya dicuci bersih, lumatkan daun pepaya lalu tambahkan air dan garam. Setelah itu, peraslah sampai keluar airnya, nah air perasan inilah yang diminum setiap pagi hari selama beberapa hari.

6. Brotowali

Selain daun pepaya, brotowali juga dikenal sebagai tanaman yang punya rasa pahit saat dikonsumsi. Meskipun begitu, tanaman brotowali memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah bisa memperbaiki nafsu makan yang menurun. Tingkatkan keinginan makan dengan mengonsumsi air rebusan daun dan batang tanaman brotowali.

Cara mengonsumsinya mudah, cukup siapkan kurang lebih tiga helai daun brotowali, dan dua jari batang brotowali yang sudah dipotong kecil-kecil serta dua gelas air. Cucilah daun dan batang brotowali sampai bersih. Masukkan dalam wadah, kemudian masukkan dua gelas air dan rebus dalam keadaan tertutup sampai air tinggal setengahnya. Kalau sudah dingin, saring air rebusan. Lalu minum cukup satu gelas dalam sehari, selama beberapa hari.

7. Daun Pandan

Daun pandan sering dipakai sebagai penambah aroma dan cita rasa pada makanan. Masih jarang yang mengetahui kalau daun pandan bisa bermanfaat untuk kesehatan. Daun pandan mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Daun ini juga kaya akan senyawa seperti polifenol, flavonoid, glikosida, saponin, serta alkaloid.

Dapat menurunkan tekanan darah tinggi, mengatasi diabetes, meredakan nyeri, meningkatkan stamina, hingga membantu melawan perkembangan sel kanker. Nah, untuk meningkatkan nafsu makan, Anda bisa mengolah daun pandan jadi teh. Mudah ditemukan dan tanpa efek samping, Anda bisa meminumnya dua kali sehari secara teratur.

Sama halnya dengan kayu manis yang kerap dijadikan sebagai salah satu bahan pelengkap berbagai masakan, begitu juga dengan daun pandan. Daun pandan dengan kandungan mineral dan vitamin, saponin, flavoid, tannin, polifenol, dan tonikum yang diolah menjadi air rebusan diketahui dapat meningkatkan selera makan, bahkan juga pada wanita yang baru saja melahirkan yang biasanya kekurangan tenaga dan selera makan, ataupun pada orang biasa yang baru saja sembuh dari sakit yang biasanya masih enggan untuk makan.

Cara mengonsumsinya, cukup dengan memotong-motong kecil 5 lembar daun pandan wangi, lalu rebus dalam wadah berisi 3 gelas air, rebus sampai air rebusan hanya tersisa untuk ukuran 2 gelas, dinginkan sebentar sebelum langsung diminum. Untuk hasil nyata, tengguk air rebusan daun pandan ini satu gelas, dengan intensitas dua kali dalam sehari.

8. Lengkuas

Lengkuas juga merupakan salah satu tanaman yang dapat meningkatkan nafsu makan. Lengkuas berfungsi menenangkan sistem pencernaan, sehingga Anda akan merasa tenang dan lahap saat menikmati hidangan.

Tak hanya menambah nafsu makan, lengkuas juga dapat membunuh bakteri berbahaya, termasuk E-coli, Staphyloccocus aureus, dan Salmonella Typhi yang rentan menginfeksi tubuh. Akar lengkuas juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh, melindunginya dari bahaya jamur, ragi, dan parasit.

9. Pegagan

Pegagan atau yang biasa disebut sebagai daun kaki kuda, merupakan tanaman liar yang dapat tumbuh di padang rumput, pinggir selokan, pekarangan rumah, atau perkebunan maupun di sela-sela tanaman sayuran. Pegagan yang punya nama latin Centlla asiatica ini hadir dengan kandungan senyawa asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, bramoside, brahronosida, brahmic acid, modasiatic acid, meso-inositol, centellose, carokenoids, garam-garam mineral seperti kalium, natrium, magnesium, kalsium, besi, vellarine, dan zat samak.

Senyawa glikosida triaterpenoida (asiaticoside) mempunyai khasiat antilepra. Sehingga selain bisa membantu untuk mengobati aneka penyakit mulai dari campak, demam, amandel, sakit tenggorokan, bronkhitis, infeksi dan batu saluran kencing, mata merah, wasir, hingga keracunan. Daun pegagan yang diolah menjadi air rebusan juga sekaligus berfungsi sebagai penambah nafsu makan alami, cukup ambil 1 genggam daun pegagan segar, cuci hingga bersih lalu rebus dengan 2 gelas air sampai menjadi 1 gelas. Air rebusannya diminum setiap hari sebanyak 1 gelas. Mudah bukan?

10. Kayu Manis

Kayu manis biasa dijadikan penyedap untuk memberi aroma harum dan manis khas rempah. Tak hanya dimanfaatkan sebagai penyedap, kayu manis juga sebagai salah satu bahan tambahan pembuat kue atau camilan.

Mengonsumsi makanan yang dicampur kayu manis, bisa merangsang nafsu secara alami. Karena kayu manis memiliki beberapa sifat antibakteri dan antijamur yang kuat. Kayu manis juga membantu mencegah penyakit yang diakibatkan oleh bakteri dan jamur Staphylococcus, Salmonella, dan E-coli.

11. Kencur

Kencur banyak digunakan untuk meningkatkan nafsu makan. Ramuan ini pas untuk dikonsumsi semua orang, aman juga untuk anak-anak yang memiliki beberapa masalah dengan nafsu makan. Anda bisa membuat ramuan atau jamu sendiri dengan memanfaatkan kencur, beras, gula merah, dan asam jawa. Konsumsi beras kencur secara rutin mampu meningkatkan nafsu makan dan stamina tubuh.

Selain itu, kencur juga berkhasiat untuk mempertebal dinding perut. Khasiat ini cocok bagi Anda yang memiliki masalah maag yang menyebabkan penipisan dinding perut. Itulah beberapa tanaman herbal yang bisa membantu menaikkan nafsu makan secara alami. 

Tanaman kencur hanya bisa diberikan pada anak-anak yang sudah memasuki usia 6 bulan ke atas. Sebaiknya hindari memberikan kencur pada bayi yang memiliki usia di bawah 6 bulan. Melansir dari Health Benefits Times, tanaman kencur juga menjaga tubuh anak agar tetap hangat. Hal ini disebabkan beberapa kandungan kencur mampu meningkatkan sirkulasi darah menjadi lebih baik dan membuat tubuh menjadi lebih hangat.

Air kencur yang diminum bersama campuran madu dan air putih hangat juga memiliki beragam manfaat bagi Si Kecil, seperti menambah imunitas anak. Dengan imunitas yang lebih optimal, tubuh anak akan lebih sehat dan tidak mudah mengalami gangguan kesehatan. Jadi, tidak ada salahnya ibu memberikan kencur yang disertai dengan asupan makanan bergizi lainnya agar anak selalu sehat dan dapat menjalani aktivitasnya dengan baik.

12. Jahe

Jahe merupakan stimulan nafsu makan yang paling banyak digunakan. Air jahe bekerja sangat baik untuk nafsu makan yang buruk. Selain itu jahe juga memberi manfaat tambahan untuk memperkuat sistem kekebalan dan pencernaan pada anak.

Meski jahe mampu meningkatkan nafsu makan pada anak, rempah ini juga mampu mengontrol berat badan. Jahe mampu mengendalikan kadar gula darah dan kolesterol, serta meningkatkan laju metabolisme sehingga tubuh lebih efektif membakar lemak. Jahe bisa ditambahkan sebagai bumbu makanan kesukaan anak.

13. Biji Mahoni

Biji mahoni jugamampu mengatasi sulit makan pada anak dan menambah nafsu makan dengan cepat secara alami. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah, berikut ini cara membuat obat penambah nafsu makan anak dengan menggunakan biji mahoni.

• Siapkan setengah sendok biji mahoni

• Seduh dengan setengah gelas air panas

• Campurkan satu sendok makan madu asli

• Minumkan pada anak yang sulit makan 3 kali sehari dengan dosis 1 sendok makan secara teratur.

14. Bawang merah

Mungkin belum banyak orang yang mengetahui tentang obat tradisional yang satu ini. Bawang merah juga bisa Anda manfaatkan untuk menambah nafsu makan anak Anda. Ambil bawang merah sekitar tiga butir, lalu kemudian di bakar. Setelah keluar bau (matang) beri sedikit air (sekitar tiga sendok) Kemudian bawang yang sudah matang itu di remas-remas di dalam air sampai bawang benar-benar hancur. Setelah itu saring. Minumkan pada anak dan beri ramuan tersebut dua kali seminggu.

15. Tomat yang kaya akan garam mineral

Tomat merupakan buah yang bisa memberikan kesegaran dan ternyata bisa meningkatkan nafsu makan anak. Rasa tomat yang agak masam dikarenakan kaya akan garam mineral. Dan garam mineral inilah yang ternyata bisa meningkatkan nafsu makan anak. Biasanya anak akan menjadi lapar sesaat setelah mengkonsumsi tomat. Ibu bisa sajikan tomat dalam bentuk jus atau dipotong kecil-kecil. Agar memudahkan si kecil meminumnya, jangan lupa untuk menyaring jus tomat dan buang biji tomat kalau ingin disajikan dengan dipotong-potong.

Ibu, silahkan coba salah satu cara alami di atas untuk menumbuhkan nafsu makan anak. Jangan menyerah, bu!

Referensi:

Health Benefits Times. Diakses pada 2020. Health Benefit of Galangal Healthline. Diakses pada 2021. Galangal Root: Benefits, Uses, and Side Effects

International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences. Diakses pada 2021. Pharmacological Importance of Kaempfreia Galanga

Marni & Retno Ambarwati / Khasiat Jamu Cekok Terhadap Peningkatan Berat Badan KEMAS 11 (1) (2015) 102-111

Raden Aldizal Mahendra Rizkio Syamsudin. TEMULAWAK PLANT (Curcuma xanthorrhiza Roxb) as a TRADITIONAL MEDICINE Farmako Bahari Vol. 10 ; No. 1